Tuesday, 26 June 2018

Keunikan Tari Pendet Dari Bali Dan Penjelasannya

Inilah 5 Keunikan Tari Pendet Dari Bali Dan Penjelasannya

Tari Pendet adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali. Salah satu keunikan pada Tari Pendet ini terletak pada media dalam pertunjukannya, yaitu ‘bokor’ yang dibawa oleh para penari dengan gerakan matanya (seledet) yang sangat unik. Selain itu juga terdapat juga beberapa keunikan lainnya yang tentunya membuat tarian ini sangat khas dan juga menawan. Nah, sebelum kita mengetahui apa saja keunikan pada Tari Pendet, mari kita mengenal secara sekilas tentang Tari Pendet dari Provinsi Bali ini.

Apa Itu Tari Pendet?

Tari Pendet adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Bali. Seperti halnya kebanyakan tarian tradisional dari daerah lainnya, Tari pendet pada awalnya juga merupakan tarian pemujaan yang umumnya dilakukan oleh masyarakat Provinsi Bali. Pemujaan yang dimaksud yaitu perlambangan dari penyambutan atas turunnya sang dewata ke alam dunia.

Menurut sejarahnya, Tari Pendet ini diciptakan oleh salah satu seorang maestro tari, yaitu I Wayan Rindi. Meski pada awalnya hanya berfungsi sebagai tari pemujaan, namun dalam perkembangannya tarian ini kemudian menjadi tarian ucapan selamat datang setelah dirubah oleh para seniman Bali. Tentunya dengan tidak menghilangkan nilai-nilai yang terkandung dikandungnya.

Dalam pertunjukannya, tari pendet merupakan jenis tarian yang bisa dibawakan oleh semua orang, baik itu anak-anak maupun dewasa, laki-laki maupun perempuan. Bahkan bagi orang yang baru belajarpun akan dengan sangat mudah untuk mengikuti gerakan tarian ini.

Keunikan Tari Pendet

Setelah mengetahui secara singkat tentang penjelasan dari Tari Pendet, maka kita juga harus mengetahui beberapa keunikan yang melatarbelakangi tarian tradisional ini. Berikut ini 5 Keunikan dari tari pendet provinsi Bali.
  1. Gerakan tariannya yang sangat khas dengan liukan badan para penari yang gemulai.
  2. Salah satu dari sedikit tarian tradisional kelompok dengan karakteristik yang energik, semangat, dan juga ekspresif.
  3. Para penarinya akan membawa sebuah bokor atau piring besar yang berbentuk cekung dan bertepian lebar disetiap tariannya. Bokor sendiri umumnya terbuat dari bahan dasar logam.
  4. Sikap tarian ini mencakup beberapa gerakan, seperti tangan, kepala, bahu dan kaki yang sangat khas sekali.
  5. Yang paling unik adalah gerakan matanya (seledet) yang dilakukan semua para penari. Mereka akan menggerak-gerakkan bola mata ke kiri ke kanan secara tegas.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait