Sunday, 24 June 2018

Kumpulan Teater Tradisional Nusantara Beserta Daerah Asalnya


Cintaindonesia.web.id - Teater berasal dari kata Teatron (bahasa yunani) yang artinya adalah tempat untuk menonton. Teater juga bisa diartikan sebagai pertunjukan seni drama. Seni pertunjukan teater umumnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu teater modern dan juga teater tradisional. Contoh seni teater modern yang kerap di dengar yaitu seperti kabaret, opera, dan Pantomim. Namun pada artikel kali ini kita akan membahas satu persatu secara singkat tentang seni teater tradisional di Indonesia dan asal daerahnya. Nah berikut ini 15 teater tradisional di Indonesia dan Asal daerahnya.


1. Wayang Wong, Teater Tradisional Dari Jawa

Wayang Wong, Teater Tradisional Dari Jawa
Wayang Wong, Teater Tradisional Dari Jawa

Wayang Wong atau yang artinya adalah wayang orang adalah seni teater tradisional yang berkembang di tanah Jawa, baik itu di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Dalam pementasannya, wayang wong umumnya mengambil cerita dari kisah pewayangan dan mempunyai pakem alur cerita tertentu, dimana alur cerita yang ditampilkan tentunya tidak boleh untuk diubah. Para pemain wayang wong biasanya akan memakai busana dan aksesoris seperti halnya wayang. Kisah yang biasa diangkat pun yaitu berasal dari kisah Ramayana dan Mahabaratha.

2. Ketoprak, Teater Tradisional Dari Yogyakarta

Ketoprak, Teater Tradisional Dari Yogyakarta
Ketoprak, Teater Tradisional Dari Yogyakarta

Ketoprak merupakan seni teater tradisional yang sangat berkembang pesat di D.I.Yogyakarta, dimana awal mula keberadaan ketoprak dipercaya berasal dari daerah surakarta. Di zaman dahulu ketoprak akan diiringi oleh musik seadanya saja seperti halnya menggunakan lesung (alat penumpuk padi) dan kendang. Tetapi dengan seiring perkembangannya Ketoprak saat ini lebih banyak diiringi oleh alat musik gamelan Jawa. Ketoprak tidak hanya menyajikan 1 atau 2 jenis cerita, cerita-cerita seperti epos ramayana dan juga kisah 1001 malam kerap dipentaskan oleh para pemain ketoprak, dengan beberapa penyesuaian tokoh tentunya.

3. Mendu, Teater Tradisional Dari Kepulauan Riau

Mendu, Teater Tradisional Dari Kepulauan Riau
Mendu, Teater Tradisional Dari Kepulauan Riau

Mendu adalah seni teater tradisional yang banyak berkembang di Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kalimantan Barat. Teater Mendu umumnya adalah kombinasi dari drama, seni tari, silat, dan pantun. Dalam pertunjukan, Mendu biasanya akan diawali oleh tarian tradisional khas melayu seperti halnya tari Baladun. Di tahun 2014 kemudian pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan bahwa Seni Teater Mendu merupakan Warisan budaya tak benda milik bersama Provinsi kepulauan Riau dan Provinsi Kalimantan Barat.

4. Lenong, Teater Tradisional Dari Betawi Jakarta

Lenong, Teater Tradisional Dari Betawi Jakarta
Lenong, Teater Tradisional Dari Betawi Jakarta

Lenong merupakan sandiwara tradisional dari masyarakat Betawi di Jakarta yang dikemas dengan banyolan dan juga selingan musik. Dialog-dialog yang diucapkan oleh para pemain Lenong pun memakai logat Betawi.

5. Ludruk, Teater Tradisional Dari Jawa Timur

Ludruk, Teater Tradisional Dari Jawa Timur
Ludruk, Teater Tradisional Dari Jawa Timur

Teater Ludruk merupakan seni pertunjukan tradisional yang berasal dari Provinsi Jawa Timur. Ludruk umumnya dimainkan diatas panggung dan mengambil tema utama tentang keseharian dikehidupan masyarakyat, selain itu biasanya juga mengambil tema tenatang perjuangan dalam melawan para penjajahan atau kisah 1001 malam. Dalam pementasannya, Ludruk tidak sepenuhnya mempertunjukan drama tetapi juga akan diselingi musik dan guyonan. Satu hal yang unik, dimana teater tradisional Ludruk  diawali dengan tarian tradisional khas Jawa Timur, yaitu Tari Remo.

6. Mamanda, Teater Tradisional dari Kalimantan Selatan

Mamanda, Teater Tradisional dari Kalimantan Selatan
Mamanda, Teater Tradisional dari Kalimantan Selatan

Mamanda merupakan seni teater yang berkembang di Provinsi Kalimantan Selatan. Yang paling mencolok di dalam pertunjukannya yaitu pada busana yang dipakai oleh para pemain Mamanda, dimana busana yang dipakai memang sengaja dibuat gemerlap dan juga mewah. Pertunjukan Mamanda mempunyai kesamaan dengan pertunjukan Lenong dari betawi Jakarta bila dilihat dari interaksi antar para pemain dan penonton, dimana para penonton juga bisa ikut aktif berseloroh dan juga berkomentar atas adegan yang dipertunjukkan.

Sampai saat ini kebanyakan cerita yang ditampilkan di dalam pementasan Mamanda yaitu cerita dengan tema istanasentris yang banyak membahas tentang kehidupan raja dan bawahannya. Di dalam Mamanda, dialog para pemain tidak terikat oleh naskah, para pemain Mamanda bisa berimprovisasi sesuka hatinya.

7. Randai, Teater Tradisional Dari Minangkabau

Randai, Teater Tradisional Dari Minangkabau
Randai, Teater Tradisional Dari Minangkabau

Pertunjukan Randai berkembang di daerah Minangkabau, Sumatera Barat. Dialog yang dipakai dalam Teater Randai mempunyai irama dendang dan pada umumnya memakai gurindam guna menyampaikan pesan. Alat musik pengiring kesenian Randai biasanya terdiri dari Gendang, Talempong, dan Batang padi yang disebut dengan "Puput".

8. Longser, Teater Tradisional Dari Jawa Barat

Longser, Teater Tradisional Dari Jawa Barat
Longser, Teater Tradisional Dari Jawa Barat

Seni teater Longser berasal dari Provinsi Jawa Barat. Longser adalah akronim dari Melong (melihat) dan Seredet (tergugah), yang bisa diartikan jika siapapun yang melihat akan tergugah. Biasanya Longser meninggalkan kesan yang sederhana, jenaka, dan juga menghibur. Longser lebih banyak menceritakan tentang kehidupan sehari-hari masyarakat biasa.

9. Dulmuluk, Teater Tradisional Dari Sumatera Selatan

Dulmuluk, Teater Tradisional Dari Sumatera Selatan
Dulmuluk, Teater Tradisional Dari Sumatera Selatan

Dulmuluk merupakan seni teater yang berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Nama Dulmuluk pada kesenian ini diambil dari tokoh cerita di dalam "Hikayat Abdoel Moeloek". Pertunjukan Dulmuluk umumnya hanya memadukan sejumlah unsur seperti halnya nyanyian, tarian, dan juga drama.

10. Kondobuleng, Teater Tradisional Dari Makasar

Kondobuleng, Teater Tradisional Dari Makasar
Kondobuleng, Teater Tradisional Dari Makasar

Kata kondobuleng pada kesenian ini berasal dari kata "Kondo" yang artinya "bangau" dan kata "buleng" yang artinya "putih", maka dengan demikian kondobuleng artinya adalah bangau putih. Seni Kondobuleng merupakan seni pertunjukan yang berasal dari kebudayaan masyarakat Bugis, Makasar. Kondobuleng pada umumnya akan dipentaskan dengan gaya yang sangat lucu dan juga jenaka.

11. Maknyong, Teater Tradisional Dari Kepulauan Riau

Maknyong, Teater Tradisional Dari Kepulauan Riau
Maknyong, Teater Tradisional Dari Kepulauan Riau

Maknyong merupakan seni pertunjukan yang berasal dari Mantang, yaitu salah satu pulau di Provinsi Kepulauan Riau. Pada zaman dahulu Makyong hanyalah berupa seni tari dan juga menyanyi, tetapi dengan seiring berkembangan zaman, kesenian Maknyong saat ini banyak mengadopsi dari cerita rakyat, dan juga cerita legenda. Ketika dipertunjukanya, unsur tarian, nyanian, dan juga humor jenaka mendominasi di keseluruhan pertunjukan. Dalam kesenian Maknyong, wajah para pemain pria selalu ditutupi dengan topeng, sedangkan untuk tokoh wanita tidak ditutupi oleh topeng.

12. Topeng Banjet, Teater Tradisional Dari Karawang Jawa Barat

Topeng Banjet, Teater Tradisional Dari Karawang Jawa Barat
Topeng Banjet, Teater Tradisional Dari Karawang Jawa Barat

Topeng Banjet adalah seni teater tradisional yang berasal dari daerah Karawang, Provinsi Jawa Barat. Irama gamelan yang dimainkan dalam mengiringi Topeng Banjet mempunyai kemiripan bunyi seperti gamelan Bali.

13. Bakaba, Teater Tradisional Dari Sumatera Barat

Bakaba, Teater Tradisional Dari Sumatera Barat
Bakaba, Teater Tradisional Dari Sumatera Barat

Bakaba merupakan seni pertunjukan yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Pertunjukan bakaba umumnya hanya dituturkan dan disajikan oleh 2 orang tukang Kaba, dimana satunya berperan sebagai pencerita dan satunya lagi berperan sebagai pengiring musik. Bakaba biasanya hanya dipentaskan di dalam acara upacara perkawinan, pesta panen, dan saat seseorang menggelar syukuran atas rumah baru.

14. Ubrug, Teater Tradisional Dari Banten

Ubrug, Teater Tradisional Dari Banten
Ubrug, Teater Tradisional Dari Banten

Ubruk merupakan seni pertunjukan berasal dari Provinsi Banten. Ubrug umumnya hanya diiringi oleh alat musik gamelan. Kisah yang dipentaskan pun biasanya mengambil lakon kehidupan sehari-hari atau kisah kepahlawanan.

15. Lenong Denes, Teater Tradisional dari Betawi Jakarta

Lenong Denes, Teater Tradisional dari Betawi Jakarta
Lenong Denes, Teater Tradisional dari Betawi Jakarta

Lenong Denes merupakan seni pertunjukan yang berasal dari masyarakat betawi dan mengisahkan tentang kehidupan didalam istana serta cerita yang diambil dari "kisah 1001 malam". Karena berceritakan seputar kerajaan maka kostum atau busana yang dipakai oleh para pemain lenong Denes yaitu busana yang mewah dan juga gemerlap.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait