Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Lontong Kupang Makanan Tradisional Dari Sidoarjo, Jawa Timur

Cintaindonesia.web.id Makanan satu ini merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal dari Sidoarjo. Namanya adalah Lontong Kupang.


Apakah Lontong Kupang itu?

Lontong Kupang adalah makanan tradisional terbuat dari bahan dasar kupang yang dimasak dengan cara khusus dan disajikan bersama dengan lontong. Kupang sendiri merupakan hewan laut sejenis kerang yang memiliki bentuk sangat kecil dan memiliki warna tubuh berwarna coklat pucat. Kupang ini biasanya dapat ditemukan di pinggir pantai atau lumpur air asin.

Lontong Kupang ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal di Jawa Timur, terutama di Sidoarjo yang menjadikan Lontong Kupang ini sebagai makanan khas di sana. Selain Sidoarjo, Lontong Kupang ini juga terdapat di daerah lain seperti surabaya dan pasuruan.

Pengolahan Dan Penyajian Lontong Kupang

Dalam proses pengolahannya, kupang dikupas terlebih dahulu dan dicuci hingga bersih. Setelah itu dimasak dengan bumbu sederhana seperti bawang putih, gula jawa, garam, bumbu penyedapdan petis. Setelah kupang terasa empuk kemudian disajikan bersama dengan irisan lontong dan lentho. Untuk penyedap rasa kita bisa menambahkan perasan jeruk nipis atau sambal petis

Lontong Kupang ini biasanya dihidangkan selagi hangat bersama dengan sate kerang dan es kelapa muda sebagai minumannya. Es kelapa muda ini selain enak dan dapat menetralkan rasa, juga dipercaya dapat mencegah alergi bagi mereka yang tidak cocok dengan makanan laut ini.

Cita Rasa Lontong Kupang

Walaupun bila dilihat dari bentuknya yang sedikit aneh, tapi Lontong Kupang ini memiliki cita rasa yang sangat khas. perpaduan rasa gurih dari kuah, serta petis yang kental dan beraroma udang ini tentu memberikan cita rasa yang khas pada makanan satu ini. Selain itu perpaduan tekstur lontong yang padat namun lembut, kupang yang kenyal, dan lentho yang renyah tentu memberikan sensasi tersendiri saat kita mengunyahnya. Selain rasanya yang nikmat dan sangat khas ini, kupang juga dipercaya memiliki khasiat yang sangat berguna bagi tubuh kita karena gizi yang terdapat di dalamnya.

Perkembangan Lontong Kupang

Karena rasanya yang khas dan berkhasiat, Lontong Kupang ini tidak hanya diminati masyarakat Sidoarjo saja, namun juga para wisatawan yang berkunjung ke sana. Lontong Kupang ini sangat mudah kita temukan di Sidoarjo. Disana banyak penjual keliling atau warung yang menjajakan menu satu ini. Bagi anda yang berkunjung ke Sidoarjo, tentu kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi makanan tradisioal dari Sidoarjo ini.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment