Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Air Terjun Kakek Bodo di Pasuruan Jawa Timur



Cintaindonesia.web.id Syahdan di sebuah desa terpencil di Provinsi Jawa Timur, ada seorang kakek tua yang sudah lama mengabdi pada suatu keluarga Belanda. Setelah lama mengabdi dan juga usianya semakin tua, sang kakek yang dikenal soleh serta jujur tersebut memutuskan untuk meninggalkan masalah keduniawian. Sang kakek pun ingin bertapa dan meninggalkan keluarga Belanda yang sudah lama menerima dirinya.

Tempat tujuan bertapa sang kakek yaitu di sebuah air terjun, di air terjun tersebut kakek Bodo mendapat kesaktian, dan dipakai untuk membantu warga desa setempat yang membutuhkan pertolongan. Di air terjun itu juga sang kakek mengakhiri masa hidupnya didalam pertapaan. Atas sikapnya yang memutuskan meninggalkan masalah keduniawian, keluarga Belanda yang ditinggalkannya pun menyebut sang kakek dengan sebutan "kakek yang bodoh". Nama tersebutlah yang dipakai sebagai sebutan untuk air terjun tempat sang kakek bertapa.

Secara administrasi, Air Terjun Kakek Bodo ini masuk dalam wilayah Tretes, Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Dari pusat Kota Surabaya menuju ke lokasi air terjun hanya berjarak kurang lebih 60 km atau akan menghabiskan waktu sekitar 1 jam melalui perjalanan darat. Mengingat lokasi air terjun yang berada di Lereng Gunung Arjuno, disepanjang perjalanan, mata pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan hijau yang sangat indah.

Sesudah sampai di pintu masuk lokasi Air Terjun Kakek Bodo, para pengunjung tidak dapat langsung menikmati keindahan air terjun, melainkan melanjutkan perjalanan tracking sejauh sekitar 2 km atau dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Para pengunjung air terjun tidak perlu khawatir dengan track yang akan dilewati, pasalnya jalan menuju ke lokasi air terjun sudah bagus dan tertata rapi. Apalagi pada bagian awal perjalanan tracking masih ditemukan beberapa kios yang menjajakan minuman dan makanan.

Sekitar 100 meter menjelang lokasi air terjun, akan terlihat suatu bangunan berbentuk persegi dan pada bagian atapnya berbentuk limas. Bangunan itu merupakan makam yang diperuntukan untuk jasad sang kakek. Meskipun demikian, tidak sembarang orang dapat masuk ke dalam makam.

Suasana di Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo sendiri mempunyai ketinggian pancur hingga mencapai 40 meter dan airnya bersumber dari aliran Sungai Kaligetik. Tepat dibawah pancuran air terjun, ada kolam alami yang luas dengan kedalaman 1 sampai 5 meter. Kolam alami tersebut menjadi tempat favorit para pengunjung untuk bermain air atau duduk-duduk dibebatuan cadas sekadar menikmati kesejukan suasana Air Terjun Kakek Bodo.

Untuk mendukung keberlangsungan kegiatan wisata di Air Terjun Kakek Bodo, pihak pengelola yang bekerja dibawah komando Perhutani mendirikan berbagai macam fasilitas pendukung. Fasilitas pendukung pariwisata tersebut diantaranya adalah jalan setapak yang bagus, shelter di sepanjang track, toilet, kolam renang, taman bermain anak, mushola, sampai kios penjual minuman dan makanan.

Dibuka untuk umum setiap hari, Air Terjun Kakek Bodo ini menjadi salah satu destinasi liburan favorit bagi keluarga yang mendambakan keindahan alam dikawasan sejuk. Dengan harga tiket yang terjangkau serta dilengkapi berbagai macam fasiltas penunjang wisata, tidak salah bila objek wisata Air Terjun Kakek Bodo selalu dipenuhi pengunjung saat akhir pekan tiba.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment