Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Pantai Bilik di Jawa Timur


Matahari perlahan-lahan mulai turun saat kami ingin mengunjungi Pantai Bilik, yaitu salah satu pantai di perairan Selat Madura yang dihubungkan dengan secuil daratan Pulau Jawa sehingga membentuk sebuah cekungan. Ada 2 (dua) pilihan jalan yang bisa ditempuh jika mengunjungi pantai ini, pertama yaitu melewati jalan darat yang hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua, dengan cara menyusuri hutan Taman Nasional Baluran dan juga melewati kawasan Karangteok. Kedua yaitu melalui jalan laut dari Desa Banyuputih dengan cara menyewa perahu nelayan yang banyak bersandar di Pantai Ketapang.

Perjalanan menuju ke Pantai Bilik menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam dengan hanya menempuh jarak sekitar 20 km. Sepanjang perjalanan, jejeran perahu para nelayan menjadi pemandangan yang dapat dilihat. Sampai dibagian medio hingga akhir menuju Pantai Bilik, pemandangan akan berganti menjadi hamparan mangrove yang begitu panjang. Beberapa kali terlihat kawanan monyet ekor panjang saling bercengkerama, saling melompat dari ranting ke ranting lainnya.

Suasana di Pantai Bilik

Sementara dibalik hutan mangrove yang berhimpitan dengan bibir pantai, ada Gunung Baluran yang berdiri megah. Gunung dengan tinggi sekitar 1.247 meter diatas permukaan laut ini merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran. Setibanya di Pantai Bilik, keheningan akan tercipta. Tidak seperti pantai kebanyakan, di Pantai Bilik ini tidak terdengar suara hempasan ombak, pantai ini merupakan pantai dengan sensasi danau yang sangat hening, mengingat gelombang air laut yang datang dari arah timur akan pecah di cekungan sebelum sampai ke Pantai Bilik.

Merebahkan badan di pasir Pantai Bilik merupakan pilihan yang tepat saat sampai. Uniknya, pasir pantai ini lebih didominasi oleh bebatuan kecil karang putih yang sudah mati. Selain itu, keunikan Pantai Bilik yang lain yaitu lokasinya yang mempunyai latar belakang padang savana. Meskipun tidak memiliki kemegahan pemandangan matahari terbenam, Pantai Bilik ini merupakan tempat yang tepat untuk bersembunyi dari keriuhan kehidupan kota.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment