Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Pantai Sendang Biru di Malang Jawa Timur



Cintaindonesia.web.id Pantai Sendang Biru adalah salah satu pantai yang berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, tepatnya 69 km ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Di dalam bahasa Jawa pantai ini mempunyai arti sumber air yang berwarna biru, karena pantai ini memang jernih dan berwarna biru.

Di lokasi wisata Pantai Sendang Biru ini, para pengunjung bisa menyaksikan hamparan pasir putih yang bersih dan pemandangan perahu nelayan yang tertata rapi disepanjang bibir pantai maupun yang berada ditengah lautan.

Jarak dari kota Malang untuk mencapai ke pantai ini kurang lebih membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam. Jalur menuju lokasi pantai cukup berkelok-kelok dan naik turun, karenanya para pengunjung harus lebih berhati-hati dan waspada.

Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, para pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan umum yakni angkutan jurusan Terminal Malang Arjosari-Gadang-Turen-Sendang Biru.

Ada beberapa fasilitas penunjang pariwisata di Pantai Sendang Biru, diantaranya adalah tersedianya lahan parkir, WC kamar mandi, mushola, penginapan, rumah jaga, warung makan, dan persewaan perahu. Selain itu, para pengunjung juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai sambil membakar ikan dan juga menikmati pesona indahnya Pantai Sendang Biru.

Suasana di Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru ini sering dikatakan sebagai pintu masuk untuk menuju ke Pulau Sempu, karena persis terletak di seberang Pulau Sempu. Selain itu, pantai ini juga dikenal sebagai tempat pelelangan ikan serta sebagai tempat mendarat perahu nelayan. Pengunjung bisa membeli ikan-ikan segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan sebagai oleh-oleh ataupun disantap langsung di tempat.

Perahu-perahu yang disewakan bagi wisatawan yang ingin berkeliling menikmati panorama keindahan Pantai Sendang Biru biasanya akan disewakan dengan harga 100 ribu untuk perahu bermotor serta 50 ribu untuk perahu dayung. Cobalah berhenti sejenak di tengah-tengah lautan untuk menikmati pemandangan bawah laut yang bisa terlihat jelas. Tentunya pemandangan ikan-ikan kecil yang berenang disela-sela karang membuat pengalaman liburan anda mengunjungi Pantai Sendang Biru ini lebih berkesan dan tidak akan terlupakan.

Datanglah di tanggal 7 atau 8 Syawal, karena terdapat sebuah tradisi masyarakat dimana wisatawan biasanya menuju ke Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dinilai keramat serta dipercaya mujarab untuk kesehatan ataupun kesembuhan oleh masyarakat setempat.


Patut Kamu Baca:

1 comment

  1. Musim Libur Lebaran, Destinasi Wisata Kabupaten Malang Tetap Buka