Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Gua Kaneng di Pasuruan Jawa Timur



Cintaindonesia.web.id Kontur wilayah Kabupaten Pasuruan yang berbukit-bukit menjadikannya kaya akan objek wisata alam yang sangat memukau. Salah satunya yaitu Gua Kaneng, yang ada disuatu dusun terpencil bernama Sawiran, Desa Dawansengon, Kabupaten Pasuruan, Povinsi Jawa Timur. Menuju Gua Kaneng dari Alun-Alun Kota Pasuruan hanya menempuh jarak sekitar 35 km atau akan menghabiskan waktu tempuh tidak lebih dari 1 jam perjalanan. Lokasinya yang berada diantara Gunung Arjuna dan Gunung Bromo, menjadikan Gua Kaneng ini mempunyai panorama keindahan yang menawan.

Dari pintu gerbang kawasan wisata Gua Kaneng, para pengunjung harus menyusuri jalan tanah yang sempit selama kurang lebih 15 menit. Sepanjang perjalanan menuju gua, para pengunjung disajikan dengan hamparan pohon karet yang getahnya digunakan untuk industri. Selain bermata pencaharian petani sapi perah, masyarakat Desa Dawansengon juga banyak yang berprofesi menjadi petani karet.

Suasana di Gua Kaneng

Gua Kaneng merupakan gua alami yang terbentuk dari rongga bebatuan cadas. Rongga itu kemudian digali kembali oleh masyarakat sadar wisata, dengan bertujuan untuk mengeksplore keindahan alam Purwodadi, selain itu juga tentunya sebagai media untuk memperkenalkan kawasan tersebut kepada masyarakat luas. Dengan begitu, diharapkan Purwodadi menjadi destinasi wisata alam yang mempunyai potensi besar untuk dikembangkan.

Gua Kaneng terdiri dari 2 (dua) gua. Gua pertama memiliki kedalaman sekitar 10 meter, sementara di gua yang kedua kedalamannya mencapai 20 meter. Untuk dapat menjamahi gua, selain dibutuhkan penerangan yang cukup, para pengunjung juga harus memiliki stamina yang kuat, pasalnya untuk dapat masuk ke dalam gua, para pengunjung harus berjalan jongkok dan bahkan terkadang merayap.

Toyo, yaitu penjaga gua, mengungkapkan, dahulu kawasan Gua Kaneng ini merupakan tempat tinggal dari sekawanan binatang buas. Pembangunan desa membuat para binatang itu eksodus dan mencari tempat lain. Selain itu, Gua Kaneng juga menjadi tempat bersemedi untuk mereka yang menganut kepercayaan Kejawen.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment