Wednesday, 30 May 2018

Sukong, Alat Musik Tradisional Khas Betawi

loading...
Sukong, Alat Musik Tradisional Khas Betawi

Cintaindonesia.web.id - Sukong adalah salah satu alat musik tradisional khas Betawi. Alat musik ini biasanya terdapat di kesenian gambang keromong. Sukong juga merupakan alat musik tradisional yang berembrio dari tradisi Tionghoa.

Jika dilihat dari bentuk dan cara memainkanya, alat musik sukong ini menyerupai alat musik rebab yang berasal dari Arab. Hanya saja dari segi ukuran sukong lebih kecil dan hanya memiliki 2 (dua) untai dawai. 

Sukong, Alat Musik Tradisional Khas Betawi
Alat Musik Sukong

Alat musik Sukong dimainkan dengan cara digesek. Bagian badan dari sukong ini terbuat dari batok kelapa. Sedangkan pada busurnya terbuat dari batang pohon yang elastis dan Rambut yang biasa digunakan dalam busur menggunakan rambut dari ekor kuda jantan yang berwarna putih keemasan.

Alat musik tradisional sukong umumnya digunakan untuk mengiringi kesenian Betawi seperti ondel-ondel dan juga pementasan lenong. Sebagai alat musik yang fungsinya sebagai melodi, sukong dapat menghasilkan irama dari lagu-lagu Betawi seperti Kicir-kicir dan Jali-jali.

Sukong ini merupakan sebuah alat musik yang muncul dari tradisi serta budaya Betawi yang plural. Sudah saatnya alat musik tradisional satu ini mendapat perhatian khusus supaya tetap diproduksi dan dimainkan dalam menjaga eksistensinya. Karena menurut penelitian, alat musik sukong saat ini merupakan salah satu dari alat musik tradisional yang terancam punah.

Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait