Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Air Terjun Sumber Nyonya di Pasuruan Jawa Timur



Cintaindonesia.web.id Dikisahkan oleh masyarakat setempat, dahulu ada banyak perempuan di Desa Gunung Sari yang tidak dapat mempunyai keturunan karena mandul. Keheranan tersebut pun semakin meluas mengingat perempuan yang tidak dapat mempunyai keturunan makin banyak. Setelah diselidiki, penyebab itu bukanlah karena ilmu gaib dan guna-guna, melainkan banyak masyarakat dari Desa Gunung Sari yang mengkonsumsi air dari sebuah air terjun yang mengandung perak, air terjun tersebut saat ini dikenal dengan nama Air Terjun Sumber Nyonya.

Secara administrasi Air Terjun Sumber Nyonya ini masuk dalam kawasan Desa Tutur, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Lokasi tersebut hanya berjarak sekitar 90 km dari pusat Kota Surabaya, atau bisa ditempuh selama sekitar 1,5 jam perjalanan darat. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan dan tertutup pemukiman warga menjadikan Air Terjun Sumber Nyonya ini belum banyak dijamah oleh para wisatawan.

Mengingat lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan, untuk sampai ke air terjun dibutuhkan jasa seorang pemandu jalan. Selain supaya tidak tersesat, jasa pemandu jalan dibutuhkan untuk bertanya segala hal mengenai visualisasi yang terlihat oleh mata. Setelah berjalan menurun selama kurang lebih 20 menit, suara gemericik air makin terasa dekat seta track yang dilalui berubah menjadi sungai, dihulu sungai tersebutlah berdiri kokoh Air Terjun Sumber Nyonya.

Suasana di Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya memiliki tinggi pancur sekitar 15 meter. Uniknya, sebelum air jatuh ke hulu sungai, pancuran air Air Terjun Sumber Nyonya akan membentur bebatuan cadas yang terdapat di badan air terjun. Akibatnya saat sampai ke kolam alami yang ada di bawahnya, air pancuran air terjun ini terbelah menjadi dua bagian dan terlihat lebih sangat eksotis.

Menurut warga sekitar, di badan bukit dimana Air Terjun Sumber Nyonya berada ada gua-gua alami. Goa tersebut bisa dicapai dengan berjalan menanjak kurang lebih 10 menit. Dibutuhkan jasa pemandu jalan untuk dapat masuk ke dalam goa tersebut, mengingat jalan yang akan dilalui cukup terjal dan licin. Dari goa yang berada di bagian tebing air terjun inilah terlihat sisi lain dari eksotika dari Air Terjun Sumber Nyonya.

Kontur Provinsi Jawa Timur yang bergelombang serta dikelilingi banyak pegunungan, menjadikan kawasan satu ini kaya akan air terjun yang eksotik dan juga berair jernih. Sumber Nyonya salah satunya, air terjun alami yang belum banyak dijamah orang ini sangat pas bagi mereka yang mencintai perjalanan ekstrim untuk melihat keindahan alam Negara Indonesia. Air terjun ini menjadi salah satu dari keindahan alam yang dipunyai Indonesia yang mesti dijaga dan dilestarikan.



Patut Kamu Baca:

Post a Comment