Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Sape, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Timur

Sape, Alat Musik Tradisional Dari Kalimantan Timur

Cintaindonesia.web.id - Sape adalah alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Timur. Jika dilihat sekilas, alat musik Sape ini mirip dengan gitar. Cara memainkannya pun juga sama-sama dipetik. Alat musik tradisional Kalimantan Timur ini banyak digunakan dalam mengiringi acara-acara hajatan dari masyarakat Suku Dayak. Tidak hanya itu, konon Sape ini juga digunakan untuk mengiringi proses pengobatan dari seseorang yang terserang penyakit.

Alat musik Sape ini terbuat dari kayu adau dan kayu kita. Sape memiliki dawai antara 4 (empat) sampai 6 (enam). Selain itu, ada juga sape yang hanya memiliki 2 (dua) dawai. Sape jenis ini disebut dengan sape karaang. Sape karaang ini biasa digunakan untuk mengiringi tari-tarian yang memiliki gerakan menghentak.

Nada yang dihasilkan oleh alat musik yang tersebar di wilayah Samarinda, Malinau, dan juga Kutai Barat ini, dapat terbagi menjadi 2 (dua), yaitu tubunsitun dan sakpakok. Nada tubunsitun ini biasanya memiliki tempo yang lambat dan juga menghasilkan nada yang khas. Sementara itu sakpakok memiliki nada yang lebih cepat dan juga dinamis.

Patut Kamu Baca:

Post a Comment