Wednesday, 27 June 2018

Keunikan Tari Merak Jawa Barat Dan Penjelasannya

loading...
Inilah 5 Keunikan Tari Merak Jawa Barat Dan Penjelasannya

Cintaindonesia.web.id - Tari Merak adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Salah satu keunikan tari merak ini terletak pada busana atau kostumnya yang mempunyai bentuk seperti halnya merak, mulai itu dari sigernya yang berbentuk seperti burung merak, sayap, dan juga baju yang bermotifkan bulu merak. Selain itu juga terdapat beberapa keunikan lainnya yang tentunya membuat tarian ini sangat khas dan juga menawan. Nah, sebelum kita mengetahui apa saja keunikan pada Tari Merak, mari kita mengenal secara sekilas tentang Tari Merak dari Provinsi Jawa Barat ini.

Apa itu Tari Merak?

Tari Merak merupakan tarian tradisional yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Tarian ini sangat terkenal dengan cerita kehidupan dari seekor merak yang sangat menarik. Tari merak merupakan tarian tradisional kelompok yang menampilkan berbagai macam gerakan kreasi baru yang mengekspresikan dari kehidupan seekor burung merak. Kreasi gerakan yang membentuk pada tarian ini sendiri diambil dari tingkah laku dari burung merak itu sendiri.

Sejarah Tari Merak

Menurut sejarahnya, pada sekitar tahun 1950an seorang koreografer dari Provinsi Jawa Barat, yakni Tjetjep Soematri, menciptakan berbagai macam gerakan tarian yang dinamakan dengan tari merak. Beliau terinspirasi dari kehidupan binatang yang mempunyai bulu halus dan juga kepalanya seperti halnya sedang memakai mahkota.

Namun dalam perkembangannya, tari merak saat ini kian mengalami perubahan. Pada mulanya, tarian ini dibawakan secara berpasang-pasangan dan melambangkan burung merak jantan dan juga burung merak betina. Sedangkan saat ini pertunjukan tari merak banyak dibawakan oleh perempuan saja sebagai merak betinanya.

Keunikan Tari Merak

Nah setelah mengetahui secara singkat tentang penjelasan tari merak, maka kita juga harus mengetahui beberapa keunikan yang melatarbelakangi tarian tradisional ini. Inilah 5 keunikan tari merak dari Jawa Barat :
  1. Kostum atau busana yang dipakai oleh para penari sangat indah dan juga benar-benar menggambarkan layaknya buruk merak. Bajunya dibuat seperti bulu merak yang sangat indah dan juga berwarna-warni, lengkap dengan sayap, dan juga mahkota yang menyerupai kepala burung.
  2. Cerita kehidupan burung merak yang digambarkan melalui setiap gerakannya. Untuk gerakan burung merak jantan dan juga betina tentunya juga berbeda. Burung merak jantan umumnya akan mempelihatkan keindahan bulu ekornya guna menarik perhatina burung betina.
  3. Tarian dilakukan secara berpasangan dan menceritakan mengenai seekor burung merak yang ingin menarik perhatian lawannya, yaitu burung merak betina.
  4. Musik pengiring pada tari merak ini adalah iringan gending dari lagu Macan Ucul.
  5. Bonang akan dipukul hingga terdengar keras disetiap bagian gerakan yang menggambarkan dari sepasang merak yang sedang bermesraan.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait